Publication

Pelayanan Kependudukan di Kota Samarinda Melalui e-Government

Sinopsis:

Secara substansial aplikasi teknologi informasi berbasis internet yang diadopsi dalam proses pelayanan publik oleh pemerintah atau lazim disebut dengan E-government, itu mampu menyediakan potensi bagi peningkatan akses masyarakat terhadapa semua bentuk informasi dan layanan pemerintah.

Bahkan lebih dari itu, E-government juga memberikan kemudahan bagi setiap warga negara untuk dapat berpartisipasi dan berkontribusi secara signifikan dalam pengelolaan sejumlah isu kepemerintahan.

Dalam perkembangannya implementasi E-government kemudian juga membawa dampak perubahan struktur dan fungsi administrasi publik.

Implementasi E-government dalam pelayanan publik di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Samarinda telah dilakukan secara gradual yang ditunjang dengan komitmen pimpinan dan pendanaan yang memadai.

Namun implementasinya masih pada tahap Emerging.

Judul: Pelayanan Kependudukan di Kota Samarinda melalui e-Government

ISBN: 978-602-6834-35-5

Penulis: Bambang Irawan

Penerbit: Mulawarman University Press

Terbit: 2017

Kategori: Pelayanan Publik

Bahasa: Indonesia

 

DOB Apau Kayan: Upaya Menghadirkan Negara di Kawasan Perbatasan

 

 

Sinopsis:

Peran negara dalam menjaga dan mengembangkan daerah-daerah perbatasan secara eksplisit telah diatur dalam Undang-Undang No. 23 Tahun 2014 tentang Pemerintah Daerah. Upaya untuk mewujudkan pembangunan yang selaras dan berimbang antara daerah-daerah dalam bingkai Negara Kesatuan Republik Indonesia jelas terlihat dalam prasyarat pembentukan daerah otonom baru. Salah satu kawasan perbatasan strategis dalam konteks pembangunan daerah  adalah Apau Kayan (yang terletak di Kabupaten Malinau, Provinsi Kalimantan Utara). Wilayah ini memiliki perbatasan langsung dengan negara bagian Serawak, Malaysia. Dalam rangka meningkatkan kualitas pembangunan dan peningkatan pelayanan publik di daerah perbatasan seperti Apau Kayan maka negara harus harus hadir dalam rangka menjaga dan memperkuat daerah-daerah yang menjadi beranda terdepan republik ini. Hal ini penting dilakukan untuk menjaga pertahanan dan keamanan negara secara komprehensif. Pilihan untuk melakukan pembentukan Daerah Otonomi Baru (DOB) Apau Kayan adalah kebijakan yang perlu dipertimbangkan secara prioritas agar kepentingan strategis nasional dapat dicapai. Judul: Pelayanan Kependudukan di Kota Samarinda melalui e-Goverment

ISBN: 978-602-6834-36-2

Penulis: Aji Ratna Kusuma, Bambang Irawan

Penerbit: Mulawarman University Press

Terbit: 2017

Kategori: Pemerintahan

Bahasa: Indonesia